HONDA C-70 Q
KLANGENANKU HONDA C-70
Di kota asalku Jogja Istimewa (tentunya lho??) Honda C-70 bisa disebut PITUNG
kayake udah keren banget. Neh motor adalah peninggalan dari kedua
orang tuaku, yang sampe kini masih aq rawat, yach lumayan buat
muter-muter seantero JOGJA. Honda C-70 alias PITUNG boleh dibilang kendaraan Jadul. Coba
aja kalo berseliweran di Jogja, pasti masih menjumpainya. Ada yg
dirawat, ada yang asal jalan, pokoknya serba aneh dech. Bahkan sampe
sekarang motor Honda C-70 masih banyak orang yang mencarinya.
Motor ini mempunyai kapasitas mesin yang lumayan (standar) 70 CC
dengan 3 gigi percepatannya, alhasil motor ini terbilang irit
dikelasnya, begitu menurut para pakar motor.Memang sekarang banyak
beredar motor-motor baru, bahkan motor China pun merambah di Indonesia
dengan berbagai bentuk macam model, yang tentunya kapasitas mesinnya
lebih besar yaitu rata memiliki ukuran torsi mesin 100 CC dengan 4
tingkat percepatan, plus CDI tentunya. Tetapi dari segi pengiritan
bahan bakarnya, tetap saja HONDA C70 yang masih juara IRITNYA. HEHEHEHEHE
Meski teknologi Honda C70 masih kuno dan jadul, tapi dengan sedikit trik, tidak akan kalah dibandingkan dengan motor-motor keluaran baru saat ini.Contoh saja Honda C70 q ini :
Untuk mendongkrak performa pengapian, aq ubah dari 6 Volt menjadi 12
Volt, dengan mengganti magnetnya dengan magnet Honda Grand serta
pengapiannya. CDI Shogun Kebo, sehingga tingkat pengapian dan
pengisian menjadi lebih stabil dan tentunya lampu-lampu akan menjadi
lebih terang karena memakai ukuran 12 Volt, dan perjalanan malam pun
jadi lebih aman. Meski sudah aq modifikasi, tetapi kapasitas mesin
tetap dipertahakan 70 CC (bisa dibuktikan.....), dengan tetap
mengandalkan 3 gigi percepatan saja. Bahkan piston, stang piston,
kampas kopling, sampai klep2nya pun masih kepunyaan ORI kepunyaan Honda
C-70, Hanya dibidang kelistrikan saja yang aq UpGrade, yang tentunya Double Stater juga bisa jreng.... ngacir sekali pencet.
Alhasil motor pitungku ndak kalah jreng ama motor sekarang. Tetapi
perubahan ini masih dalam bentuk yang sangat wajar dalam hal
modifikasi.
Karena banyak dijumpai body/chasis Honda C-70, tapi mesin sudah diganti/dirombak total dengan mesin GRAND/SUPRA, terus shockbreaker depan diganti dengan sistem teleskopik bahkan dengan menambahkan Disk Brake (rem cakram), bahkan yang lebih parah nomor mesin sudah tidak SESUAI lagi!!!!!!, itu pelanggaran berat bro, bisa ditilang Pak Polisi.....kalo itu sih namanya ganti mesin bukan modifikasi maz bro.Mending sekalian ganti BPKB nya kalo pengen ngebut hahahhhaa
Karena banyak dijumpai body/chasis Honda C-70, tapi mesin sudah diganti/dirombak total dengan mesin GRAND/SUPRA, terus shockbreaker depan diganti dengan sistem teleskopik bahkan dengan menambahkan Disk Brake (rem cakram), bahkan yang lebih parah nomor mesin sudah tidak SESUAI lagi!!!!!!, itu pelanggaran berat bro, bisa ditilang Pak Polisi.....kalo itu sih namanya ganti mesin bukan modifikasi maz bro.Mending sekalian ganti BPKB nya kalo pengen ngebut hahahhhaa
Dengan tidak menghilangkan bentuk keorisinilan Honda C-70, maka
disinilah yang menjadi nilai lebihnya. Memang mencari kendaraan Honda
C 70 yang bener ORIGINAL 100% lengkap semuanya koq hal yang mustahil mustajab.
Memang memiliki motor jadul seperti Honda C-70 yang ngacir kayak iklannya Mandra itu susah.
Supaya agan2 ndak bingung, motor ini sudah mengalami perubahan antara lain :Memang memiliki motor jadul seperti Honda C-70 yang ngacir kayak iklannya Mandra itu susah.
- Electrical System 6 volt diganti menjadi 12 Volt Aki Basah biar lampu2 menjadi lebih terang, klakson juga ngejreng, Menggunakan aki kering juga bole model supra X
- kapasitas torsi mesin masih tetap 70 cc (piston, stang seker, kampas kompling, klep masih tetap ori)
- Dan yang pasti masih dengan 3 gigi percepatan juga
Nah itu sekelumit modifikasinya, tapi jujur beaya mahal supaya bisa stabil hasilnya.....

Rencana mw mbikin Honda C 70 lagi, doakan ya ......
Mas...mau tanya ni.. rencana saya juga mau ganti pengapian honda supercup 700 yang masih platina ke CDI. yang saya tanyakan apakah pasang magnet grand/supra tersebut harus modifikasi kruk asnya atau tinggal " plek " nggak perlu modifikasi, tempat taruh spulnya pakai blok samping kiri grand atau masih orisinilnya ? thanks mas...salam dari warga yogya utara.
ReplyDeleteMaaf baru bisa balas Mas Satria
ReplyDeletekalo ganti magnet grand / supra, biasanya cuman di shock kruk as nya, biar bisa masuk pas, karena lubang magnet grand/supra besar jadi perlu ada sedikit modifikasi, kalo mw pasang langsung langsung harus sama dudukannya spullnya itu biar lebih mudah setingnya. tapi kalo masih pake aslinya harus dimodifikasi.
matur nuwun mas...
DeleteKalo pitungnya itu ganti magnet gra
ReplyDeletend ngerubah apa nga brooo
biar bagus magnet diganti magnet grand ori... trus yang dirubah cuman kruk asnya supaya bisa masuk ke lubang magnet grand.
ReplyDeleteditukang bubut biasanya sudah paham
itu klo magnet nya di ganti grand ,apa bisa di tutup pake tutup magnet orinya c70
DeleteMas bengkel yg bisa dimana ya area jogja?saya punya supercub pengapianya pngendi rubah ke cdi.maklum saya newbi
ReplyDeleteMas itu biaya abis berapa ya kira kira?
ReplyDeleteMas itu biaya abis berapa ya kira kira?
ReplyDeletekalo dulu kira2 500rb mas.. tp kalo sekarang ndak tau yach..
ReplyDeletekalo ganti mahnrt grand berarti tutup mesin samping juga ganti pake grand ya mas, gimana kalo mahnetnya punya grand tetapi tutup mesin samping kiri tetep punyannya grand biar tetep tampilan 70 ori
ReplyDeleteMas bro, saya punya C70, kalau mau ganti kruk as grand, as nya bisa masuk ke magnet n rumah kopling gak?
ReplyDeleteMas bro saya mau ganti magnet grand/supra bak tutup kiri tetap mau c70 apa bisa mas bro... Biar tetap asli bak kirinya mas bro....
ReplyDeleteMas saya udah rombak ke cdi satria,pulser supra,akik kering,tapi masih batuk2 motor nya apakah ada solusinya mas
ReplyDeleteMagnet nya masih bawaan
DeleteMagnet nya masih bawaan
DeleteMas saya udah rombak ke cdi satria,pulser supra,akik kering,tapi masih batuk2 motor nya apakah ada solusinya mas
ReplyDeleteBengkel rekomendasi di jogja buat ngerubah itu.dimana ya om
ReplyDeleteTutup kirinya pakai ori 70 p udah gntian mas
ReplyDeleteMakasih infoe
Mas nek pitung mendingan mesin ori po wes ganti mesine , melihat menimbang perawatan n kenyamanan mengendara
ReplyDeleteNumpang tanya mas..apa bisa dinamo stater C70 dirubah dari 6volt menjadi 12volt.? Cara nya gmn mas?mohon petunjuknya..
ReplyDeleteTrimakasih banyak sebelumnya
Mas....aq sudah ganti magnet grend dan sopul namun gerakan magnet goyang, masih ada suara berisik. Mohon solusinya master
ReplyDeleteMohon solusi untuk pitung saya yg sudah modif pengapian ke 12v tanpa
ReplyDeleteaccu bohlam selalu putus.
Saya seri pakai dioda nyala kurang terang
Adakah accu 12v yg bodinya kecil sehingga bisa masuk ke box accu pitung?
Atas solusinnya saya haturkan maturnuwun.
Kalo udah upgrade 12 volt apakah stater di ganti juga yg 12volt dan sama kah dengan dinamo grand?
ReplyDelete