Sunday, February 2, 2014

HONDA C-70 Q


KLANGENANKU HONDA C-70

Di kota asalku Jogja Istimewa (tentunya lho??) Honda C-70 bisa disebut PITUNG kayake udah keren banget. Neh motor adalah peninggalan dari kedua orang tuaku, yang sampe kini masih aq rawat, yach lumayan buat muter-muter seantero JOGJA. Honda C-70 alias PITUNG boleh dibilang  kendaraan Jadul. Coba aja kalo berseliweran di Jogja, pasti masih menjumpainya. Ada yg dirawat, ada yang asal jalan, pokoknya serba aneh dech. Bahkan sampe sekarang motor Honda C-70 masih banyak orang yang mencarinya.
Motor ini mempunyai kapasitas mesin yang lumayan (standar) 70 CC dengan 3 gigi percepatannya, alhasil motor ini terbilang irit dikelasnya, begitu menurut para pakar motor.Memang sekarang banyak beredar motor-motor baru, bahkan motor China pun merambah di Indonesia dengan berbagai bentuk macam model, yang tentunya kapasitas mesinnya lebih besar yaitu rata memiliki ukuran torsi mesin 100 CC dengan 4 tingkat percepatan, plus CDI tentunya. Tetapi dari segi pengiritan bahan bakarnya, tetap saja HONDA C70 yang masih juara IRITNYA. HEHEHEHEHE
Meski teknologi Honda C70 masih kuno dan jadul, tapi dengan sedikit trik, tidak akan kalah dibandingkan dengan motor-motor keluaran baru saat ini.
Contoh saja Honda C70 q ini :
Untuk mendongkrak performa pengapian, aq ubah dari 6 Volt menjadi 12 Volt, dengan mengganti magnetnya dengan magnet Honda Grand serta pengapiannya. CDI Shogun Kebo,  sehingga tingkat pengapian dan pengisian menjadi lebih stabil dan tentunya lampu-lampu akan menjadi lebih terang karena memakai ukuran 12 Volt, dan perjalanan malam pun jadi lebih aman. Meski sudah aq modifikasi, tetapi kapasitas mesin tetap dipertahakan 70 CC (bisa dibuktikan.....), dengan tetap mengandalkan 3 gigi percepatan saja. Bahkan piston, stang piston, kampas kopling, sampai klep2nya pun masih kepunyaan ORI kepunyaan Honda C-70, Hanya dibidang kelistrikan saja yang aq UpGrade, yang tentunya Double Stater juga bisa jreng.... ngacir sekali pencet.
Alhasil motor pitungku ndak kalah jreng ama motor sekarang. Tetapi perubahan ini masih dalam bentuk yang sangat wajar dalam hal modifikasi.
Karena banyak dijumpai body/chasis  Honda C-70, tapi mesin sudah diganti/dirombak total dengan mesin GRAND/SUPRA, terus shockbreaker depan diganti dengan sistem teleskopik bahkan dengan menambahkan Disk Brake (rem cakram), bahkan yang lebih parah nomor mesin sudah tidak SESUAI lagi!!!!!!, itu pelanggaran berat bro, bisa ditilang Pak Polisi.....kalo itu sih namanya ganti mesin bukan modifikasi maz bro.Mending sekalian ganti BPKB nya kalo pengen ngebut hahahhhaa

Dengan tidak menghilangkan bentuk keorisinilan Honda C-70, maka disinilah yang menjadi nilai lebihnya. Memang mencari kendaraan Honda C 70 yang bener ORIGINAL 100% lengkap semuanya koq hal yang mustahil mustajab.
Memang memiliki motor jadul seperti Honda C-70 yang ngacir kayak iklannya Mandra itu susah.
Supaya agan2 ndak bingung, motor ini sudah mengalami perubahan antara lain :

- Sistem Pengapian yang semula menggunakan platina diganti menggunakan CDI Shogun Kebo supaya arus listriknya sama seperti aslinya yaitu arus DC.
- Electrical System 6 volt diganti menjadi 12 Volt Aki Basah biar lampu2 menjadi lebih terang, klakson juga ngejreng, Menggunakan aki kering juga bole model supra X
- kapasitas torsi mesin masih tetap 70 cc (piston, stang seker, kampas kompling, klep masih tetap ori)
- Dan yang pasti masih dengan 3 gigi percepatan juga
Nah itu sekelumit modifikasinya, tapi jujur beaya mahal supaya bisa stabil hasilnya.....:)
Rencana mw mbikin Honda C 70 lagi, doakan ya ......

24 comments:

  1. Mas...mau tanya ni.. rencana saya juga mau ganti pengapian honda supercup 700 yang masih platina ke CDI. yang saya tanyakan apakah pasang magnet grand/supra tersebut harus modifikasi kruk asnya atau tinggal " plek " nggak perlu modifikasi, tempat taruh spulnya pakai blok samping kiri grand atau masih orisinilnya ? thanks mas...salam dari warga yogya utara.

    ReplyDelete
  2. Maaf baru bisa balas Mas Satria
    kalo ganti magnet grand / supra, biasanya cuman di shock kruk as nya, biar bisa masuk pas, karena lubang magnet grand/supra besar jadi perlu ada sedikit modifikasi, kalo mw pasang langsung langsung harus sama dudukannya spullnya itu biar lebih mudah setingnya. tapi kalo masih pake aslinya harus dimodifikasi.

    ReplyDelete
  3. Kalo pitungnya itu ganti magnet gra

    nd ngerubah apa nga brooo

    ReplyDelete
  4. biar bagus magnet diganti magnet grand ori... trus yang dirubah cuman kruk asnya supaya bisa masuk ke lubang magnet grand.
    ditukang bubut biasanya sudah paham

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu klo magnet nya di ganti grand ,apa bisa di tutup pake tutup magnet orinya c70

      Delete
  5. Mas bengkel yg bisa dimana ya area jogja?saya punya supercub pengapianya pngendi rubah ke cdi.maklum saya newbi

    ReplyDelete
  6. Mas itu biaya abis berapa ya kira kira?

    ReplyDelete
  7. Mas itu biaya abis berapa ya kira kira?

    ReplyDelete
  8. kalo dulu kira2 500rb mas.. tp kalo sekarang ndak tau yach..

    ReplyDelete
  9. kalo ganti mahnrt grand berarti tutup mesin samping juga ganti pake grand ya mas, gimana kalo mahnetnya punya grand tetapi tutup mesin samping kiri tetep punyannya grand biar tetep tampilan 70 ori

    ReplyDelete
  10. Mas bro, saya punya C70, kalau mau ganti kruk as grand, as nya bisa masuk ke magnet n rumah kopling gak?

    ReplyDelete
  11. Mas bro saya mau ganti magnet grand/supra bak tutup kiri tetap mau c70 apa bisa mas bro... Biar tetap asli bak kirinya mas bro....

    ReplyDelete
  12. Mas saya udah rombak ke cdi satria,pulser supra,akik kering,tapi masih batuk2 motor nya apakah ada solusinya mas

    ReplyDelete
  13. Mas saya udah rombak ke cdi satria,pulser supra,akik kering,tapi masih batuk2 motor nya apakah ada solusinya mas

    ReplyDelete
  14. Bengkel rekomendasi di jogja buat ngerubah itu.dimana ya om

    ReplyDelete
  15. Tutup kirinya pakai ori 70 p udah gntian mas
    Makasih infoe

    ReplyDelete
  16. Mas nek pitung mendingan mesin ori po wes ganti mesine , melihat menimbang perawatan n kenyamanan mengendara

    ReplyDelete
  17. Numpang tanya mas..apa bisa dinamo stater C70 dirubah dari 6volt menjadi 12volt.? Cara nya gmn mas?mohon petunjuknya..
    Trimakasih banyak sebelumnya

    ReplyDelete
  18. Mas....aq sudah ganti magnet grend dan sopul namun gerakan magnet goyang, masih ada suara berisik. Mohon solusinya master

    ReplyDelete
  19. Mohon solusi untuk pitung saya yg sudah modif pengapian ke 12v tanpa
    accu bohlam selalu putus.
    Saya seri pakai dioda nyala kurang terang
    Adakah accu 12v yg bodinya kecil sehingga bisa masuk ke box accu pitung?
    Atas solusinnya saya haturkan maturnuwun.

    ReplyDelete
  20. Kalo udah upgrade 12 volt apakah stater di ganti juga yg 12volt dan sama kah dengan dinamo grand?

    ReplyDelete